BAK Ajak Ortu Kawal Pendidikan Anak di Temu SDN Maccini Sombala I

0
50
- Advertisement -

PINISI.co.id- Tokoh pendidikan Sulawesi Selatan yang juga Ketua Komite SDN Inpres Maccini Sombala I Kota makassar, Bachtiar Adnan Kusuma alias BAK mengajak para orang tua murid ikut serta total mengawal pendidikan anak-anaknya sejak kelas satu di SD. Bachtiar Adnan Kusuma, menegaskan bahwa pendidikan yang sukses dan bermutu kalau tiga pilar terlibat di dalamnya yaitu satuan keluarga, satuan pendidikan dan satuan masyarakat.

Bachtiar Adnan Kusuma, menguraikan kalau urusan pendidikan tak sekadar tanggungjawab sekolah dan guru, melainkan tanggungjawab orang tua. Peranan keluarga, sangat memegang peranan penting kata Tokoh Literasi terutama mengantar keberhasilan pendidikan anak-anaknya. “ Orang tua wajib memberikan asupan gizi pendidikan yang baik dimulai dari setiap ruamh tangga. Kalau setiap rumah tangga memiliki peran aktif memberi besutan gizi pendidikan yang kuta akan mengantar anak-anaknya menjadi anak yang berhasil di setiap satuan pendidikan.

” Mindset masyarakat kalau urusan sekolah hanya urusan guru dan kepala sekolah tidaklah tepat, sebab keberhasilan setiap satuan pendidikan tergantung keterlibatan para orang tua ikut serta menjadikan sekolah sebagai rumah bersama yang wajib dijaga bersama” kata mantan Ketua Komite SMP negeri 6 dan SMA 17 Makassar ini.

Menurut BAK hanya keluarga yang memiliki empati pendidikan yang tinggi bisa mendorong anak-anaknya menjadi peserta didik yang memiliki semangat besar untuk maju. Bachtiar Adnan Kusuma, meminta agar setiap orang tua menciptakan iklim ekosistem anak-anak bergembira ke sekolah, bukan sebaliknya mereka cemberut, tidak bersemangat ke sekolah karena tekanan emosional dan situasi lingkunga yang kurang produktif.

Kepada para orang tua, Bachtiar Adnan Kusuma meminta agar menjalin komunikasi intensif dengan guru-guru peserta didik anak-anaknya agar bisa mengetahui setiap saat sampai di mana kemajuan dan kelemahan pendidikan anak-anaknya.” Kita butuh orang tua aktif dan peduli akan kemajuan dan kualitas pendidikan anak-anaknya” kata Bachtiar Adnan Kusuma di depan puluhan orang tua murid kelas I SDN Inpres Maccini Sombala I dipimpin Kepsek SDN Inpres Maccini Sombala I, Jumiati, S.Pd.

- Advertisement -

Di depan orang tua murid SDN Inpres Maccini Sombala I, Bachtiar Adnan Kusuma menyampaikan terima kasih kepada guru-guru dan kepala sekolah atas keberhasilannya menjaga suasana kondusif belajar dengan berhasil membangun hubungan emosional dengan orang tua dan tokoh-tokoh masyarakat. “ Terima kasih kepada Ibu kepsek Jumiati dan seluruh keluarga besar SDN Inpres Maccini Sombala I yang telah berhasil menjaga suasana sekolah dengan kondusif, produktif dan berhasil mengawal pendidikan anak-anak didiknya dengan baik,”  kunci Bachtiar Adnan Kusuma. (Fen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here