Bachtiar Adnan Kusuma, Ceramah Parenting Islami di Majelis Taklim Nurul Hidayah Sambotara

0
1312
- Advertisement -
Pegiat literasi Bachtiar Adnan Kusuma tengah memaparkan terkait parenting islami di depan Ibu-ibu Majelis Taklim Maros. 

PINISI.co.id- Tokoh Literasi yang juga Kepala Badan Nasional Literasi LABBAIK Pengurus Pusat IKA BKPRMI, Bachtiar Adnan Kusuma, Ceramah Parenting Islami di depan ibu-ibu Majelis Taklim Nurul Hidayah, Sambotara, Kabupaten Maros, Minggu 3 Maret 2024.

Ketua Majelis Taklim Nurul Hidayah Sambotara Maros, Rahmawati Daud, S. Sos. mengundang Dewan Pakar Asosiasi Majelis Taklim Indonesia Kabupaten Maros ini, dihadiri ibu-ibu majelis taklim.

Bachtiar Adnan Kusuma, menguraikan pentingnya Parenting Islami di kalangan ibu-ibu, selain kata BAK dibutuhkan pengetahuan dan kemampuan setiap ibu-ibu menerapkan pendidikan keluarga berbasis Islami juga dengan pengetahuan mendidik anak-anak ke jalan yang benar sangat penting.

Nah, caranya, kata BAK setiap ibu-ibu sebagai induk rumah tangga, diperlukan pendidikan dan pengetahuan tentang mendidik anak-anak. Dan, jalan yang paling tepat adalah aktif terlibat melalui majelis taklim. Selain itu, diperlukan membaca buku-buku bergenre Islami cara mendidik anak yang baik.

Karena itu, BAK menguraikan bagaimana setiap orang tua di rumah, bisa menjadi figur dan teladan contoh sekaligus tokoh idola bagi anak-anaknya. “ Ayah dan Ibu sebaiknya menjadi transformasi jalan menuju surga untuk anak-anaknya. Orang tua yang baik, sebaiknya memberi contoh dan figur kebaikan pada anak-anaknya. Sebab, tanpa menyuruh, apalagi memerintah anak-anak jika setiap orang tua di rumah shalat wajib, tahajud, duha dan puasa, otomatis anak-anaknya empati atas kesadaran personal mereka ikut tuanya melakukan kebaikan” kata BAK.

- Advertisement -

Bachtiar Adnan Kusuma, menceritakan bagaimana kiatnya mendidik anak-anaknya, kemudian diceritakan dalam bukunya berjudul” Terbanglah Bersama Mimpimu”.

Menurut BAK, 1 Tahun 6 Langkah mendidik putrinya hingga bisa menaklukkan SBMPTN di Fakultas Kedokteran Unhas, pada 2015.

Satu tahun, Enam Langkah yaitu pertama menunaikan shalat tahajud selama setahun, kedua membaca ayat suci Al-Quran, ketiga Menunaikan shalat Duha, keempat bersedekah, kelima puasa Senin Kamis dan keenam belajar keras dengan Menimbah ilmu guru-guru dan senior yang telah berhasil lolos lewat jalur SBMPTN ke Fakultas Kedokteran Unhas.” Kedua orang tua wajib mendoakan anak-anaknya agar menjadi anak yang sukses dunia dan sukses akherat,” kunci penulis buku Parenting Literasi ini. (Van)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here