Aprial Hasfah, Ambonya Para Ponakan yang Merantau ke Jakarta

1
667
- Advertisement -

Kolom Fiam Mustamin

TAK terhitung banyaknya anak saudara sekandung dan sepupu yang merantau ke Jakarta. Memilih rumah Ambo Aprial Lambu sebagai tujuan rumah tinggal untuk sekolah.

Mereka yang sudah selesai sekolah sampai menikah dan bekerja baru meninggalkan rumah Ambonya.

Kediaman Ambo Aprial itu tidak seberapa besar di perumahan Perwira Angkatan Udara Halim Perdana Kusumah Jakarta Timur

Ambo dan Cece Irma isterinya yang pegawai sipil AU telah menjadi perwakilan keluarga dari Soppeng yang dengan senang hati menerima keluarga yang datang ke rumahnya.

- Advertisement -

Kebiasaan rumahnya ramai ditempati oleh banyak keluarga,  terwarisi dari  orangtuanya Hasanuddin Manna dan Petta Bade saat tinggal di kota Watansoppeng dan Makassar.

Aprial Lurah di KKSS

PERTENGAHAN tahun 1990 an, ia hijrah ke Jakarta dan menetap di Sekretariat KKSS di bagian penerbitan buletin KKSS.

Ia telah mengalami 6 periode dalam kepengurusan Ketua Umum KKSS dari Beddu Amang, Muhammad Taha, Hasanuddin Massaile, Abdul Rivai, Sattar  Taba hingga Muhklis Patahna. Dengan begitu Ambo cukup dikenal dan mengenal warga KKSS di pusat dan daerah.

Loby-Lobynya dan Pukulan Jarak Pendek

UMUM tahu bila ada urusan dengan KKSS sebelum diajukan ke pengurus, sebisanya menghubungi Ambo untuk mendapatkan petunjuk.

Loby-loby dengan petunjuk itu cukup bertuah untuk menakar apa yang bisa cepat direspon seperti urusan sosial bencana dan bantuan untuk mahasiswa dan pelajar.

Untuk lebih memperluas jaringan silaturahminya, Ambo juga menjadi Pengurus Makassar Golf Jakarta dan sekaligus jadi pemain golf. Pukulan pendek dalam permainan golf itu mengarahkan bola masuk ke hole/ lubang untuk mendapat poinnya.

Seperti itulah laku Ambo dalam urusan sosial warga KKSS.

Ambo juga rajin menghadiri hajatan keluarga warga KKSS seperti perkawinan, keluarga yang sakit dan kematian.

Ambo dan isterinya Cece merasa  bersyukur dan menikmati menjadi Ambo dan Indo (ibu) anak-anak ponakan yang dititipkan kepadanya.

Demikian halnya Ambo merasa terhormat menjadi bagian yang ikut mengurus warga KKSS.

Pantai Losari CPI  Makassar 2 Pebruari 2022

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here