Abidin Side, Kisah Loper Koran yang Menjadi Jenderal TNI

0
11102
- Advertisement -

PINISI.co.id- Siapa sangka nasib penjaja koran bisa menjadi seorang jenderal?

Begitulah adanya. Adalah Abidin Side, seorang remaja kampung di Barru yang mampu mewujudkan impiannya melampaui harapannya.

Abidin membuktikan bahwa karier yang gemilang ternyata bukan hanya dimiliki oleh orang berada dan tinggal di perkotaan saja, akan tetapi karier cemerlang pun bisa diraih oleh orang-orang yang jauh di dusun udik yang notabene jauh dari berbagai fasilitas dan hidup serba terbatas.

Betapa tidak, Abidin yang lahir dan besar di Dusun Doidoi, Tanete Riaja, Kabupaten Barru, 10 November 1971 ini, sejak bocah menunjukan bakat sebagai pemimpin. Pun ia rajin belajar. Semasa SMP Negeri Ralla ia berjalan ke sekolah sejauh 7 kilometer dan harus nenempuh 14 kilometer pergi pulang yang dilakoni selama tiga tahun.

Selepas SMP seorang kerabat keluarganya mengajak Abidin ke kota Makassar guna melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.

- Advertisement -

Ia pun masuk di SMA Negeri 4, dan menumpang di Asrama Gappembar
(Gabungan Pemuda Pelajar mahasiswa Barru). Kehidupan asrama membesutnya menjadi remaja yang mandiri. Tak ayal, dia harus berjuang mencari tambahan uang saku dengan berjualan markisa di pelabuhan Soekarno-Hatta selain kewajibannya mengantar koran setiap pagi ke para langganannya di kota Makassar. Sekali waktu, naas bagi Abidin yang tercebur ke selokan membuat semua korannya berlepotan lumpur.

Namun, putra dari pasangan Beddu Side (alm) bersama Hj. Masati ini tak mudah menyerah.

Cita-citanya menjadi taruna militer terkabul saat ia masuk AKMIL dan lulus pada 1996.

Saat ini, Brigjen TNI Abidin Side SH menduduki jabatan strategis sebagai
Wakil Oditur Jenderal Babinkum TNI.

Atas jabatan dan pangkat barunya itu, tidak sedikit warga dari kampungnya merasa bangga dan memberi ucapan selamat serta mendoakan untuk kesuksesannya.

Dalam kehidupan keluarga, kisah cintanya terajut dengan istrinya Ida Yustina, SE pada saat masih menempuh kuliah di Yogyakarta.

Hingga sekarang, pasangan ini dikarunia tiga putra, dua orang mengikuti jejaknya sebagai anggota TNI berdinas Polisi Militer dan satu lagi mengikuti pendidikan AKMIL Magelang.

Abidin juga aktif di Pilar Barru. Karena itu, Ketua Umum Kerukunan Keluarga Barru H.M. Yasin Azis, mendelegasikan tugas kepada Abidin untuk mempersiapan pengukuhan Pilar Barru oleh BPP KKSS, yang akan dihelat pada Maret 2023 sebelum bulan Ramadhan.

“Abidin merupakan kebanggaan masyarakat pedalaman Kecamatan Tanete Riaja, dan tentunya juga buat warga Barru,” kata Yasin sumringah. (Taufik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here